Translate

Senin, 19 Oktober 2015

TIPS TARIKAN MOTOR JADI ENTENG

TIP MURAH MERIAH HASIL MAXI

Apapun motornya yang penting Tarikanya. Kadang menyebalkan kalau kendaraan yang kita pakai, terasa berat tarikannya. Selain berat boros lagi. Ibarat pepatah mengatakan  "Udah jelek, miskin, sombong, bodoh, malas, idup lagi" komplit sudah penderitaannya.

Namun beda dengan kendaraan udah jelek, hidup itu masih mending daripada udah jelek, mati. Rasanya pengen langsung ganti BPKB. 

Apalagi kalau pas dijalanan mau nyalip, motor malah ngeden bukannya  lari. Dan itu sangat membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain.

Maka dari itu saya, sebagai mekanik ingin berbagi dengan brothers maupun sisters. Mengenai Tip Tarikan Motor jadi Enteng. Namun sebelumnya saya mau mengingatkan agar selalu berhati-hati dalam memakai kendaraan. Patuhi  peraturan lalulintas yang telah ditetapkan. Pakai helm yang telah memenuhi standar SNI.

Dan bagi foxy lady atau sejenisnya maaf gunakan pakaian yang aman untuk berkendaraan. Jangan sampai pakaian yang kita pake malah jadi bumerang buat kita.

OK ! Mari kita lanjut kepembahasan yang sebenarnya. Ada berbagai cara untuk menjadikan tarikan motor enteng. Namun jangan sampai menyalahi aturan yang ada. Misal mengganti ban dengan ukuran yang kecil, mengganti knalpot yang menyebabkan telinga orang budek, atau membolongi sasis supaya bobot motor jadi enteng. Dari pada membolongi motor mendingan ganti pengendaranya yang lebih langsing. 

Adapula mengaplikasi gir belakang lebih kecil, atau memasang part-part after market/racing. Itu semua sah - sah saja, kalau isi kantong anda tebel. Tips tarikan motor jadi enteng yang saya bahas, tip yang murah meriah namun hasil maxy dan andapun bisa melakukannya sendiri dirumah. 

Ok, langsung aja pada intinya. 

Untuk memudahkan pengerjaan cucilah motor sampean terlebih dahulu dan keringkan. Pastikan bagian roda depan dan belakang berputar dengan lancar. Lumasi bagian uang bergerak misanya: rantai, tuas rem, pedal rem, standart, dan lain sebagainya.

Bersihkan Carburator, pastikan bagian ini tidak bercampur dengan air. Bersihkan bagian pilot jet, main jet, dan spuyer-spuyer lainnya. jangan sampai ada lubang yang tersumbat kotoran.

Bersihkan filter udara secara berkala. Untuk musim kemarau dan berdebu, harus sering-sering di bersihkan. Kalau untuk motor-motor sekarang yang memakai filter udara yang berminyak atau pun motor injeksi saya recomendasikan untuk di ganti. Dan ini pun mempengaruhi performa motor jadi enteng.

Bersambung



Tidak ada komentar:

Posting Komentar