Translate

Sabtu, 10 Oktober 2015

Cara memasang gir pompa oli dan rantai keteng supra series tanpa turun mesin

Pada dasarnya memasang gir pompa oli haruslah turun mesin. Tapi untuk menghemat waktu dan biaya saya akan bahas yang tanpa turun mesin.

Siapkan kunci-kunci dan peralatan untuk membongkar antara lain:
1. Tempat penampungan oli
2. Kunci T8,T10,T12,T14
3. Obeng ketok + mata gede
4. Kunci sok 12,14,17 dan
5. Traker magnet.

Turunin oli pake kunci sok 17 kalo baut olinya masih original.
Bongkar Barstep atau injakan kaki pake kunci 12 sok ada 4 buah baut. Taruh di tempat service.
Bongkar knalpot supaya mempermudah
Pembongkaran bagian bak kopling. ( kadang kalo saya tanpa dibongkar juga bisa)
Buka kickstater menggunakan kunci T10 lalu bongkar baut bak kopling terdiri dari 8 baut(Bolt) menggunakan kunci T8. Setelah kebuka fokus pada pompa oli (oil pump). Buka ketiga baut pompa oli menggunakan obeng mata gede pendek.
Setelah itu kita tinggalkan dulu.
Kini bagian pembongkaran rantai keteng.

Buka tutup rantai keteng pake kunci T10
Yang berada sebelah cop busi. Buka tuas operan gigi. Buka tutup magnet. Buka magnetnya pake traker magnet. Copot magnet tapi sebelumnya posisikan gigi timing(sprocket,cam) pada posisi top. Lalu lepaskan magnet dan copot baut timing.
Keluarkan spymagnet(key,woodruff) copot rantai stater beserta giginya. Pake kunci T8 dan kunci circlip external. Lalu bongkar baut penutup keteng bagian dalam(plate,oil separate).setelah kebuka maka akan terlihat rantai keteng gigi pompa oli dan lain sebagainya.

Keluarkan rantai keteng beserta roller dan rollercam chain tensioner, copot baut 14 yang ada di bawah mesin, dan keluarkan push rod tensioner.

Kini tinggal bagian gigi pompa oli yang mau diganti caranya tahan dari sebelah bak kopling yang sudah dibuka terlebih dahulu. Kalo ga ada alatnya bisa pake obeng min untuk membobok bagian gigi pompa oli dari sebelah magnet. Setelah giginya kita bobok lepas lalu tarik batang penghubung antara gigi pompa oli dengan pompa oli(spindle, cam chain guide). Nah beres semua bagian yang perlu di bongkar. Lalu cuci bagian yang akan kita pasang sampai bersih.

Kini bagian pemasangannya.
Sbelum kita pasang gigi pompa oli baru. Terlebih dahulu batang penggerak pompa oli kita gerenda drat tempat pompa oli kira-kira seperempat dari keseluruhan dratnya. Lalu masukan batang penggerak dari arah sebelah magnet. Pasang gigi pompa oli sampai mentok dratnya tahan dari sebelah bak kopling pake obeng min. Pastikan kencang. Dan jangan kebalik perhatikan bekas pemasangan yg lama. Atau yang tonjolannya lebih banyak menghadap kedalam.
Biar lebih enak kita pasang dulu bagian sebelah kopling. Pasang bagian yang dibongkar tadi kebalikan dari pembongkaran. Dan jangan lupa untuk membersihkan saringan oli. Pastikan kepasang semua jangan ada yang kelewat karena didalam pompa oli ada bagian pivot oil pump. Yang kadang jatuh waktu kita bersihin. Dan pastikan gigi pompa oli tidak seret.

Kini bagian pemasangan sebelah magnet. Pasang rante keteng pastikan posisi piston dalam keadaan top. Pasang roller-roller dan pasang gigi timing. Lalu pasang semua yg telah di bongkar kebalikan dari pembongkaran tadi. Selesai smua cek ulang posisi top pada gigi timing depan sudah pasti lalu tutup. Jangan lupa mengisi oli.

Selamat mencoba. Kalo ada hal yang kurang dipahami hubungi 08888348472 dan 082325052326 sampai jumpa pada bahasan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar