Translate

Jumat, 25 Maret 2016

Mengenal Carburator

Bagi para mekanik atau pelaku bisnis otomotif mungkin sudah tidak asing lagi dengan "Carburator" bahkan orang biasa pun sudah pada tahu. Tetapi ada sebagian orang yang belum pernah mengenal apa itu carburator dan bagaimana bentuk rupanya. Apakah ganteng atau jelek. Kita liat aja nanti apa dan siapa itu Carburator.
Pada setiap mesin yang menggunakan bahan bakar bensin sebelum di temukannya fuel injeksi pasti menggunakan Carburator.
Carburator sendiri dibuat untuk membuat campuran udara dan bahan bakar pada perbandingan campuran yang tepat.
Atau mempunyai fungsi sebagai berikut :
Menyemprotkan bahan bakar.
Kontrol perbandingan bahan bakar.
Kontrol tenaga mesin.
Pada prinsipnya Carburator merubah bentuk fisik bahan bakar menjadi gas yang mudah dicerna oleh mesin.
Spesifik prinsip kerjanya.
Karborator menggunakan prinsip semprotan, jika udara dihembuskan kedalam dari suatu pipa hembusan, kecepatan udara di pertinggi pada pipa pengeluaran dan oleh karena itu tekanan  disekelilingnya lebih rendah. Permukaan bensin dibawah tekanan atmospir. Bensin dialirkan keatas dan di alirkan oleh aliran udara.
Dalam ruangan carburator, udara dialirkan kedalam mesin. Hal ini mengakibatkan tekanan negatip dalam pipa pemasukan, jika udara telah melalui venturi yang berbentuk terompet dalam carburator atau spuyer-spuyer istilah para mekanik.
Kecepatan dan tekanan dalam venturi bertambah. Pada tekanan negatip ini, bensin di alirkan keluar kedalam terompet dan bercampur dengan udara sebelum mengalir kedalam mesin. Bersambung.. Maaf mau ngebengkel dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar