Translate

Jumat, 06 November 2015

CARA MERAWAT MOTOR INJEKSI

CARA MERAWAT MOTOR INJEKSI

Gbr. Diambil dari salah satu Blog dan saya lupa pemiliknya.

MOTOR INJEKSI sangatlah beda cara perawatannya dibandingkan dengan motor carburator. Motor injeksi perlu perawatan yang khusus, karena motor injeksi menggunakan banyak sensor untuk menghidupkan dan menyuplai bahan bakar kedalam mesin.
Antara lain :
1. ECU ( Electronic Control Unit )
2. INJECTOR
3. IACV ( Intake Air Cut Valve ) FID
4. Throttle Position Sensor
5. Sensor EOT ( Engine Oil Temperatur )
6. MAP sensor ( Sensor Tekanan Udara    Masuk )
7. Intake Air Temperatur Sensor ( Sensor Temperatur Udara Masuk )
8. Sensor Temperatur Air Radiator
9. Sensor Crank Angle
10. Sensor O2
11. Angle Bank Sensor ( Sensor Kemiringan )
Adapun alat untuk mengetahui kerusakan-kerusakan pada sensor sensor tersebut dan untuk mereset apabila terjadi trouble pada sensor injeksi sekaligus untuk menyetel campuran bahan bakar dan sebagainya yaitu :" F I Tool Diagnosis" namun jangan kwatir tidak seribet yang anda bayangin untuk merawat motor injeksi, agar motor injeksi anda selalu dalam keadaan prima. Prima disini bukan berarti motor merk Honda yang terkenal irit itu, tapi akselerasi dan tenaga mesin yang sangat baik, komsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi gas buang ramah lingkungan.

Inilah cara merawat motor injeksi agar tetap prima.
Karena injeksi banyak menggunakan komponen electronic atau sensor-sensor maka yang harus diperhatikan pertama.
1. Accu sistem injeksi sangat bergantung pada aki. Maka dari itu perhatikan kondisi aki secara rutin. Ganti aki kalau sudah kurang maksimal, jangan sampai nunggu benar-benar soak karena akan merusak sensor yang ada pada injeksi. 
2. Karena injeksi mempunyai nozzle yang memiliki lobang yang sangat kecil sekali, maka rawan terhadap penyumbatan. Jaga selalu kebersihan saringan bensin, saringan udara, untuk saringan udara sebaiknya dilakukan penggantian berkala. 
3. Gunakan bahan bakar yang berkualitas.
4. Ganti busi secara teratur, dan liat kondisi warna busi.
5. Lakukan penyetelan CO secara rutin bisa dilakukan 2 bulan sekali. Bisa diliat dari warna busi kalau warnanya hitam Co nya dikurangin dan kalau terlalu putih Co nya ditambah.
6. Bisa juga menggunakan Carbon cleaner untuk membersihkan ruang bakar.

Nah itulah kira - kira yang bisa saya sampaikan dari cara merawat motor injeksi. Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam,

Windsaryans Motors Modification

1 komentar: